Udah Tau Ta'aruf ?? Cara Paling Keren Daripada Pacaran Biar Bisa Cepet Nikah


Setiap orang yang ingin menikah dan membina rumah tangga harus mengenali calon pasangan mereka masing-masing, Islam telah mengajarkan cara-caranya, yaitu dengan taaruf. Tidak seperti pacaran biasanya, ini dia manfaat taaruf dibandingkan pacaran. Apa saja manfaat taaruf?

5 Manfaat Taaruf Dibandingkan Pacaran 
 
Islam telah mengajarkan kepada umatnya untuk taaruf sebelum menikah untuk mengenali karakter atau kecocokan dari calon pasangan. Taaruf tidak sama dengan pacaran yang telah membudaya di kalangan para remaja saat ini. Taaruf merupakan sarana dan media untuk mengenal dengan serius calon pasangan yang akan mereka nikahi.

Mengenal ajaran ta'aruf dalam Islam, arti taaruf adalah berkenalan atau saling mengenal, biasanya juga diartikan sebagai berkenalan dengan tatap muka atau bertemu secara langsung dengan tujuan ingin berkenalan secara serius. Tujuan dari berkenalan ini yaitu untuk mencari jodoh yang tepat untuk membina rumah tangga bukan untuk main-main saja. Dalam Al-Qur’an yaitu QS. Al-hujurat ayat 13 telah dijelaskan bahwa setiap manusia yang hendak membina rumah tangga sebaiknya berkenalan atau taaruf terlebih dahulu agar mengetahui karakter masing-masing sebelum menikah.

Pacaran vs Taaruf, lalu apa manfaat taaruf jika dibandingkan dengan pacaran? Berikut adalah manfaat taaruf:

1. Terhindar dari zina 
 
Taaruf merupakan sarana untuk menjaga hubungan agar terhindar dari zina atau berdua-duaan karena di dalam taaruf tidak diperbolehkan laki-laki dan perempuan bertemu secara diam-diam tanpa ada orang lain yang menemani.

2. Lebih fair

Dalam taaruf laki-laki maupun perempuan akan bertukar informasi seputar kebaikan dan keburukan masing-masing tanpa ada yang ditutup-tutupi serta pihak keluarga pun juga mengetahui akan hal itu sehingga terhindar dari adanya kebohongan dan lebih fair.

3. Lebih efektif 
 
Dalam proses taaruf laki-laki maupun perempuan dapat memperoleh informasi seputar jati diri masing-masing dalam waktu singkat tanpa perlu sering keluar untuk jalan seperti orang pacaran. Jadi taaruf lebih efektif jika dibandingkan dengan pacaran. Inilah salah satu alasan taaruf lebih baik dari pacaran.

4. Lebih hemat 
 
Proses taaruf tidak membutuhkan banyak keluar untuk jalan berdua layaknya orang pacaran dan biasanya proses taaruf lebih singkat jika dibandingkan dengan pacaran yang belum tentu akan menikah dikemudian hari. Jadi dapat disimpulkan bahwa taaruf jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan pacaran yang biasa harus mengeluarkan banyak uang untuk sekedar jalan berdua padahal belum tentu akan menikah.

5. Prosesnya lebih cepat 
 
Jika sudah menemui banyak kecocokan dalam proses taaruf maka dilanjutkan langsung pada proses lamaran dan pernikahan. Namun jika tidak ada kecocokan maka tidak ada kata putus yang dapat menyakitkan kedua belah pihak, hanya cukup untuk tidak melanjutkan proses taaruf saja. Sedangkan pacaran meskipun telah menemui banyak kecocokan tetapi belum tentu akan menginjak pada proses lamaran dan pernikahan, serta dalam pacaran jika terjadi ketidakcocokan akan putus dan akan menimbulkan sakit hati pada kedua belah pihak bahkan keduanya dapat bermusuhan.

Jika dibandingkan dengan pacaran, proses taaruf lebih memiliki banyak manfaat dalam berbagai hal serta hal yang utama adalah proses taaruf bertujuan untuk menunaikan sunnah Rosul, yaitu pernikahan yang diridhoi Allah SWT.

Jika Islam telah mengatur cara berkenalan yang tepat dan benar yaitu melalui taaruf, lalu mengapa kita masih memilih jalan berkenalan yang salah dan malah membawa keburukan bagi diri kita sendiri?

Itulah beberapa informasi seputar beberapa manfaat taaruf bagi kebaikan antara kedua calon pasangan dan ini dia manfaat taaruf dibandingkan pacaran.

#like and #share yaa biar bermanfaat buat temen kamu 

source

Artikel Jodohpedia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top